Thursday, June 7, 2012

Kebenaran?

Jiwa menulis gw lagi muncul nih... Oh.... hal ini jarang banget bisa gw alami...

Gw mimpikan blog ini suatu saat seiring dengan perkembangannya, bisa jadi blog yang isinya "cuman" hal-hal yang membangun...Menjadi sebuah blog yang isinya "hanya" hal-hal yang relevan untuk sharing apapun yang digumulkan di dalam pencarian kebenaran.

Kalau kita denger istilah kebenaran, pasti banyak hal yang akan muncul di otak kita. "Apa itu kebenaran?", "Kalau tahu yang benar, pasti akan jadi orang yang pinter", "Gw harus belajar bener-bener! Supaya bisa lulus kuliah dan naik kelas!!", "Bener itu lawan katanya salah", dan lain lain deh... (Ayo keluarkan ide kalian ketika kalian denger istilah "bener"!!)

Kebenaran itu selalu punya dua sifat, yaitu knowledge dan wisdom. Menarik banget kalau kita bisa mulai tahu hal-hal yang sifatnya mendasar, yang kadang kita gak kepikir! Ngmgin kebenaran, banyak orang yang gak mikir lagi. Banyak orang yang menganggap "kebenaran" itu sesempit selangkangan mereka. "Gua mau tau apa yang gw mau tau, diluar itu, go to hell!". Ini semangat kita (khususnya anak muda) yang ga mau mikir panjang.

Tapi sebenarnya, menarik kalau kita bisa tahu sampai ke akar-akarnya.
Kebenaran itu punya beberapa ciri...
1. Dia yang menguasai kita, kita gak bisa menguasai kebenaran...kita tahu 1+1=2 darimana? Tentunya dari sononya kan? Ini hal misterius dari kebenaran. Dia gak bisa diganggu gugat oleh orang.
2. Kebenaran itu absolut. Dia tidak pernah relatif. Kalau dia udah muncul, pasti dia akan jadi ekstrim.
Kenapa 1+1 gak boleh 3? Karena jelas.... 1+1 = 2... absolut kan??

Demikian juga hidup kita. Kita gak mungkin gak tahu yang namanya kebenaran. Maka, tinggal ada dua pilihan lagi...Terima atau Tolak? Bahasa kerennya itu take it or leave it!. Ketika kita mau menerima kebenaran, kita pasti dikuasai kebenaran. Ketika kita menolak kebenaran, ya kita jadi orang yang bodoh selamanya..

Terkadang,,mikirn hal ginian gak habis habis,,,,gw sekarangpun mentok....gimana kembangin prinsip ini lagi... Tapi inget, satu satunya yang kasih kebenaran dan kasih makna di dalam dunia ini cuman Tuhan...
Catat di sticky note kita bahwa kita harus "Bersandar sama Tuhan, tidak kepada yang lain...."... karena Tuhan satu satunya sumber kebenaran...

Sekarang ada satu topik lagi yang gw pikirin....
Cinta....Verb sekaligus adjective yang sampe sekarang gw gak ngerti gimana jelasinnya...tapi akan gw curahkan di blog ini... seru nih!!

No comments:

Post a Comment