Sunday, June 10, 2012

Liburan Mencari Hiburan?

Liburan...
Inilah momen yang paling ditunggu2 oleh semua orang. Mulai dari TK sampe Kerja.
Bulan yang paling ditunggu2 adalah bulan pertengahan Juni..
Banyak tiket yang dipesan, banyak tempat hiburan yang dibooking oleh banyak kalangan.
Mulai dari yang miskin sampai kepada yang kaya.
Mulai dari yang single sampai kepada yang poly wkwkwkwk..
Mulai dari yang forever alone sampai kepada player..


Liburan.....
Apa sih makna liburan?
Gw udah melakukan analisa, selama 10taun terakhir ini gw berpikir.....orang butuh liburan karena apa sih??
Secara umum, karena orang-orang sudah penat akan RUTINITAS yang mengekang selama 11 bulan...
Kerjaannya itu-itu saja... Siang malam kerjaannya cuman belajar, kerja... 
Sekali-sekali butuh hiburan donk! Lagian ini uang, uang gua, gw mau pake buat hiburan yah worthed donk! - inilah yang menjadi semangat orang-orang pada umumnya...

Rutinitas.....
Rutinitas menjadi sebuah hal yang evil di mata orang-orang banyak saat ini, bahkan orang beragama sekalipun... Aktivitas yang begitu2 saja,,menjadi sesuatu momok bagi kita...
Namun tetap kita jalankan,,,dan sambil berharap adanya "pelepasan" atau yang kita sebut dengan liburan....
Holiday.....bukan lagi menjadi sebuah holy day... Holiday menjadi sebuah sarana untuk manusia melampiaskan seluruh kepenatannya.... Inikah yang namanya "liburan" dalam makna yang sesungguhnya??

Lagian kalau mau diterusin,,,,dalam jangka 1 tahun, boleh lah kita bilang Liburan itu menjadi satu momen yang berbeda dari rutinitas... Namun coba deh kita tarik ke hidup besar kita..ke waktu yang panjang selama hidup kita...selama 60 tahun misalnya...
LIBURAN JUGA MERUPAKAN SEBUAH RUTINITAS TAHUNAN,,,,,Apakah kalian nangkep point gw??

Ini jebakan!! Kita semua terjebak ke dalam rutinitas..... Tapi kita menipu diri kita dengan mengatakan "gw butuh pelepasan dan butuh balas dendam, akibat rutinitas yg gw lakukan"......
Manusia ini gampang banget ditipu...Asal menyenangkan, itu akan gw ambil...


Alasan-alasan dari setiap orang "kenapa butuh berlibur", mengindikasikan bahwa sebenarnya, mereka tidak enjoy dan menikmati pekerjaan mereka. Kalau sejujur-jujurnya kita tidak menikmati pekerjaan/ aktivitas kita, sebenarnya ujung dari aktivitas itu bukan lagi untuk mengembangkan diri, namun untuk mencari satu entitas yang memberikan status "aman" bagi diri kita, yaitu UANG.

Kalau begitu...Kita kerja buat uang...
Sesuatu yang berpribadi bekerja untuk sesuatu yang tidak berpribadi?? Agak lucu sih ya..
Mungkin kita harus mengubah paradigma kita tentang "Work".

Bekerja, memang ga bisa dipungkiri untuk kita mencari uang.
Uang itu apa sih?? Banyak yang bilang..
Uang itu adalah alat tukar...
Tapi sebenernya yang kita tukar itu apa ya??
UANG DITUKAR DENGAN CINTA....
Itulah yang seringkali kita tukar...
Uang kita tukar dengan cinta....
Uang kita tukar dengan hiburan....
Sangat menyedihkan... Apakah kita bisa membeli cinta?? Tentu tidak!
Namun...kenapa kita merasa bisa membeli cinta dengan uang??
Dan kita merasa "gak kenapa kenapa kok, gw ga merasa gw menukar cinta dengan uang, yang penting gw happy"...

Dimana esensi kita sebagai manusia sebagai makhluk yang (katanya) paling beradab...
Namun dikuasai oleh uang dan hiburan??

Semoga sharing gw ini bisa membuka wawasan kita semua, untuk mengkaji ulang, bagaimana kita harus memandang hidup ini dengan perspektif yang lebih baik...

No comments:

Post a Comment